Sabtu, 30 Oktober 2010

Widget Penting yang Harus dimiliki Suatu Blog

Widget Penting yang Harus Dimiliki Suatu BlogSebagai seorang Blogger, pastinya kita menginginkan blog kita tampil maksimal. Tampil dengan desain yang mantab dan bisa menarik pengunjung. Namun, apakah desain atau tampilan blog yang anda pakai sehat untuk blog anda? Karena ada banyak widget yang mengandung banyak kerusakan atau error yang mungkin anda tidak tahu. Nah, kalau begitu, apa saja widget yang seharusnya ada dalam blog anda agar blog anda tetap bagus dan sehat? Mari kita lihat satu persatu:


  1. Link Navigasi Horizontal
    Menu ini sangat penting. Namun faktor ini tidak lepas dari link RSS yang ada pada navigasi ini. Beri link ke Posts RSS dan Comments RSS agar membantu Search Engine mengakses blog anda.
    menampilkan posts rss dan comments rss pada blog
    Jika anda bingung, berikut link Posts RSS:
    http://carabelajarngeblogging.blogspot.com/feeds/posts/default
    Dan berikut link Comments RSS:
    http://carabelajarngeblogging.blogspot.com/feeds/comments/default
    Ganti URL yang bercetak tebal dan berwarna merah dengan URL blog anda.
  2. Artikel Terbaru
    Widget ini digunakan untuk mengarahkan pengunjung blog anda ke artikel terbaru sebelumnya milik blog anda. Juga bisa digunakan untuk menambah pageviews karena memperbanyak navigasi ke posting yang lainnya. Berikan link ke 5 artikel terbaru anda agar tidak terlalu banyak link yang ada pada homepage.
  3. Komentar Terbaru
    Digunakan untuk mengetahui komentar terbaru pada blog anda. Jadi, sebagai Administrator blog, anda bisa langsung merespon komentar terbaru yang muncul pada blog anda. Ini juga bisa digunakan untuk menghindari terjadinya Spamming pada komentar.
  4. Artikel Terkait dengan atau Tanpa Thumbnail
    Widget ini digunakan untuk memberikan navigasi ke artikel yang mempunyai tema yang sama, misal trik blog. Artikel tentu berhubungan satu dengan yang lain. Maka dari itu diperlukan widget ini untuk mempermudah akses ke artikel lainnya juga. Ada juga yang menggunakan thumbnail. Maksudnya adalah dengan menampilkan gambar sebagai pendukung. Untuk lebih jelas, anda bisa membacanya pada cara membuat artikel terkait dengan thumbnail.
  5. Widget Arsip (Archive)
    Widget ini mengelompokkan postingan dalam bulan tertentu. Misalnya mengelompokkan posting yang dilakukan bulan Januari, Februari, dan lain-lain. Namun, ada optimasi yang harus anda lakukan. Jangan asal menggunakan widget ini. Pilih model Flat List agar tidak ada Error pada blog anda dalam widget ini.
    optimasi widget arsip pada blog
  6. Social Bookmark
    Digunakan untuk mempublikasikan postingan anda ke layanan sosial yang tersedia dalam widget. Dengan klik, artikel anda akan secara otomatis dipromosikan lewat situs berbasis direktori dan ini bisa membawa manfaat yang baik, yaitu trafik blog anda akan bertambah dan posisi pada Google akan naik juga.
  7. Widget Langganan Artikel Melalui Feedburner
    Widget ini juga berguna, khususnya untuk mempermudah pembaca blog anda mendapatkan info terbaru pada blog anda melalui email. Setiap artikel yang muncul pada blog anda akan secara otomatis masuk pada email pelanggan Feedburner anda. Ini menjadi cara tersendiri bagi blog anda untuk lebih terkenal.
  8. Kumpulan Link ke Posting terdahulu
    Untuk hal ini, anda bisa menggunakan widget HTML/Javascript dengan berbagai model, seperti scroll link list atau tab view. Berikan di dalamnya link yang mengarah ke postingan anda terdahulu. Ini digfungsikan agar artikel yang paling lama masih terdeteksi dan bisa dijangkau dengan mudah.
  9. Statistik
    Widget ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang perkembangan blog anda, mulai dari PageRank hingga Alexa Rank. Anda juga bisa menambahkan statistik yang lain seperti Statistik Pengunjung, Widget Online Visitor dan lain-lain. Asal jangan kebanyakan karena script yang terlalu banyak menimbulkan efek samping yang akan membuat blog anda semakin berat.

Di atas adalah widget yang sangat penting dan wajib anda miliki. Untuk tambahan dan tidak masuk dalam widget adalah suatu blog sebaiknya memiliki maksimal 100 URL yang ditampilkan pada homepage, dan homepage memiliki ukuran tidak lebih dari 100 Kb. Ini bisa dilihat dari tool online, yaitu Meta Tag Analyzer milik SEOcentro.

Dan juga anda tidak direkomendasikan memasang Widget Follower pada blog karena ternyata Widget tersebut mengandung banyak sekali pesan Error. Jika anda tidak percaya silakan cek blog anda pada URL berikut:
http://validator.w3.org/

Lebih banyak mana pesan error yang terdapat pada blog anda sebelum dan sesudah anda mencopot widget ini, widget ini juga biasa disebut dengan Google Friend Connect.
read more “Widget Penting yang Harus dimiliki Suatu Blog”

AutoHide Navbar Blogspot Solusi Terbaik



cara menghilangkan auto hode autohide iding menyembunyikan navbar pada blogspoBanyak rumor tentang dihapusnya blog dari akun Blogspot karena penghilangan Navbar yang menjadi identitas suatu blog yang memakai platform Blogspot. Dan ada lagi isu penghapusan blog massal akan diadakan akhir Maret 2010. Untuk berjaga-jaga benartidaknya, sebaiknya kita pakai auto jide Navbar saja, lebih aman dan tidak mengganggu pemandangan, hehe. Caranya mudah, simak saja:




  1. Login - Tata Letak/Layout - Edit HTML
  1. Klik pada Expand Template Widget.
    cara menghilangkan auto hode autohide iding menyembunyikan navbar pada blogspot
  2. Letakkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin> dan berikut kodenya:
    #navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}
    #navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)}
  3. Sudah selesai, tinggal klik tombol Simpan Perubahan
read more “AutoHide Navbar Blogspot Solusi Terbaik”

Background Style pada Widget Blog


Cara Memberi efek background pada widget blogspot Image Background StyleBackground Style yang dimaksudkan adalah memberikan efek background pada suatu widget pada blog. Style ini bisa berupa warna dan gambar. Dan dengan ini, anda bisa lebih mempercantik tampilan dengan gambar atau pilihan warna anda.

Teknik ini sangat sederhana. Namun karena ada salah satu teman yang request, jadi saya posting. Selain itu di sini juga belum membahas soal background tersebut.

Oke, teknik ini memerlukan beberapa perubahan pada CSS template anda. Dan saya akan memisahkan beberapa teknik yang memang berbeda cara dan berbeda style berikut ini:

  1. Colour Background Style
    Pemberian warna pada suatu widget menggunakan sintaks background: #kodewarna; dan berikut selengkapnya:
    #side-wrapper {
    float: left;
    margin: 0px 0px 0px 0px;
    padding: 25px 0px 0px 0px;
    width: 315px;
    background: #ffffff;
    }

    Tambahkan kode merah seperti di atas pada widget yang ingin anda tambahkan warna background. Untuk warna, anda bisa menggunakan Photoshop atau Tool Online untuk mengetahui kode warna, dan jangan lupa menggunakan tanda pagar (#) sebelum kode.
  2. Image Background Style
    Ini adalah teknik memberikan gambar sebagai background pada suatu widget pada blog anda. Perhatikan gambar berikut:
    Cara Memberi efek background pada widget blogspot Image Background StyleNah, untuk pemasangan style ini, ada beberapa perubahan pada sintaks. Berikut selengkapnya:
    .post-footer {
    display: block;
    margin: 15px 0px 25px 0px;
    padding: 7px 20px 7px 20px;
    text-align: left;
    font: $postfooterTextFont;
    color: #ffffff;
    font-weight: normal;
    line-height: 1.6em;
    text-decoration: none;
    background-image:url("http://sites.google.com/site/cumaisenggroup/cabinet/dasbor/postfooter.gif");
    background-color:#0092dd;
    background-position:top right;
    background-repeat:no-repeat;

    border: 1px solid $postfooterBorderColor;
    }

    Penjelasannya adalah:
    • Background Image diisi URL gambar.
    • Background Color diisi kode warna yang sesuai dengan gambar.
    • Background Position diisi dengan posisi penempatan gambar. Misal top-left, bottom-left, top-right, bottom-right, center-right, center-left.
    • Background Repeat diisi ke sebelah mana gambar akan diulang. Untuk ke atas, gunakan repeat-y menjadi: background-repeat: repeat-y; Untuk ke samping, gunakan repeat-x menjadi: background-repeat: repeat-x; Dan jika tidak ingin diulangm gunakan no-repeat seperti contoh awal.
  3. Hover Image Background Style
    Style unik, seperti yang digunakan untuk sebuah link. yaitu berubah warna jika mouse mendekat, namanya HOVER STYLE. Teknik ini juga bisa menggunakan gambar. Untuk pemasangannya, pastikan kode .widget pada CSS yang akan diberi background. Untuk contoh adalah kode berikut ini:
    #main .widget {
    margin: 0px 0px 0px 0px;
    padding: 0px 25px 20px 25px;
    }

    Di atas adalah kode untuk main-widget, untuk sidebar biasanya menggunakan kode:
    #sidebar .widget {
    margin: 0px;
    padding: 0px;
    }

    Pemberian efek ini sangat mudah. Copy-Paste seluruh kode widget dan taruh di bawahnya, lalu tambahkan :hover pada akhir kata widget dan beri style background di dalam kode tadi. Selengkapnya:
    #main .widget {
    margin: 0px 0px 0px 0px;
    padding: 0px 25px 20px 25px;
    }

    #main .widget:hover {
    background:#e3e3e3;
    }

Gunakan kreasi anda dalam pemberian efek atau style ini. Buat blog anda secantik mingkin agar bisa menarik pengunjung dan dapatkan beberapa manfaatnya. Selamat berkreasi.
read more “Background Style pada Widget Blog”

Tombol Facebook Like Untuk Blogspot


cara menambahkan Tombol Widget Facebook Like atau Recommend untuk BlogspotButton ini akan tampil pada setiap postingan yang ada dalam blog Anda. Seperti di halaman Facebook, tombol ini menandakan visitor menyukai artikel anda dan juga tidak lupa penghitungnya yang akan tampil di sebelah button ini. Berikut ini adalah demo untuk tombol yang saya maksud:


 

Cara Menambahkan Tombol Facebook Like ke Blogspot


  1. Login - Layout/Tata Letak - Edit HTML
  2. Cek pada Expand Template Widget
  3. Cari kode berikut ini:
    <data:post.body/>
  4. Letakkan kode berikut setelah kode tadi:
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=100&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:450px; height:40px;'/>

    </b:if>

    Tombol tersebut akan tampil pada setiap post dan tidak akan tampil pada homepage, namun jika anda ingin menampilkannya di semua halaman (termasuk homepage), maka hilangkan atau hapus kode yang berwarna merah.
  5. Klik Save Template.

Kustomisasi Tambahan


Ada beberapa kustomisasi yang bisa anda terapkan pada tombol ini. Seperti berikut:
  1. Penggantian kalimat like menjadi recommend pada kode yang bertuliskan action=like menjadi action=recommend dan akan tampil seperti ini:

  2. Coba ganti tulisan colorscheme=light menjadi colorscheme=dark atau colorscheme=evil
  3. Anda juga bisa mengganti model tulisan yang semula font=arial menjadi salah satu dari opsi berikut ini:
    1. font=lucida+grande
    2. font=segoe+ui
    3. font=tahoma
    4. font=trebuchet+ms
    5. font=verdana


read more “Tombol Facebook Like Untuk Blogspot”

Cara Membuat Tab View


Lagi dan lagi temen darat saya yang satu ini rewelnya minta ampun , mulai tanya buat blog sampe antek-anteknya semuanya harus saya, kalo dia ga bisa harus turun tangan dah ane. Mending kalo dia nyearching sendiri ke simbahnya, kalo ga ketemu baru nanya. Ini, langsung deh nyerocos kaya' (cencored). Gimana mo jadi blogger mandiri kalo gitu, untung dia temen saya kalo bukan temen udah ane tonjok deh (moga-moga ga denger deh )

Untuk kali ini si teman darat nanyain kesaya cara buat tabview, daripada saya harus turun tangan ketika dia ganti template lebih baik saya postingkan disini biar dia ngerti juga. Bagi sobat-sobat blogger semua yang belum tahu TabView, silahkan lihat sidebar blog saya bagian kanan. Atau saya kasih screenshoot seperti ini :

Jadi, dengan tabview ini kita bisa mengirit tempat yang ada di blog kita, seperti diblog ini saya menggunakan 5 widget sekaligus ditabview. Ngirit tempat kan bro.. Pengen nyoba?? Oke, langsung saja ya. Kita lihat langkah pertama :

1. Login > Tata Letak > Edit HTML
2. Centang Expand Template Widget
3. Paste-kan kode berikut diatas kode </head>
<script src='http://die-silver.googlecode.com/files/ardi33tabviewv2.js' type='text/javascript'/>
4. Kalau sudah, letakkan kode berikut di atas kode ]]></b:skin>
div.Tabardi33 div.TFs
{height: 30px; overflow: hidden;}
div.Tabardi33 div.TFs a
{float: left; display: block; text-align: center; text-decoration: none; font: normal 12px arial; padding:3px 5px 3px 3px; margin:0 5px 0 0;letter-spacing:-0.07em;
background:#f0f0f0;
color: #333;
border-top:1px solid #CCCCCC;
border-right:1px solid #999999;
border-bottom:1px solid #999999;
border-left:1px solid #cccccc;
-moz-border-radius-bottomright: 10px; -moz-border-radius-topright: 10px;
}
div.Tabardi33 div.TFs a:hover
{ background: #E8E8E8;
border-top:1px solid #999999;
border-right:1px solid #cccccc;
border-bottom:1px solid #cccccc;
border-left:1px solid #999999;}
div.Tabardi33 div.TFs a.Active
{ background: #E8E8E8;
color: #000000;
border-top:1px solid #999999;
border-right:1px solid #cccccc;
border-bottom:1px solid #cccccc;
border-left:1px solid #999999; font-weight:bold;}
div.Tabardi33 div.Pages
{ clear: both; overflow: hidden; height:240px; border:1px solid #EFF0F1; padding:0;background: #ffffff; -moz-border-radius:5px;}
div.Tabardi33 div.Pages div.Page
{height: 100%;padding: 0px; overflow: hidden; }
div.Tabardi33 div.Pages div.Page div.floor
{ font-size:11px;padding: 3px 5px; text-align:left;}
5. Klik Simpan perubahan dan Sekarang menuju ke Elemen halaman
6. Klik Tombol Add gadget > HTML/Javascript
7. Letakkan kode berikut dalam content:
<form action="tabardi33.html" method="get">
<div class="Tabardi33" id="Tabardi33">
<div class="TFs">
<a>tab1</a>
<a>tab2</a>
<a>tab3</a>
<a>tab4</a>
</div>
<div class="Pages">
<div class="Page"><!-- Tab -->
<div class="floor">
Disini letakkan kode untuk tab 1 anda
</div>
</div><!-- end Tab -->
<div class="Page"><!-- Tab -->
Disini letakkan kode untuk tab 2 anda
</div><!-- end Tab -->
<div class="Page"><!-- Tab -->
<div class="floor">
Disini letakkan kode untuk tab 3 anda
</div>
</div><!-- end Tab -->
<div class="Page"><!-- Tab -->
<div class="floor">
Disini letakkan kode untuk tab 4 anda
</div>
</div><!-- end Tab -->
</div>
</div>
</form>
<script type="text/javascript">tabardi33_name('Tabardi33');</script>
Perhatikan tulisan yg berwarna:
  • Hijau : Judul Tab
  • Merah : Isi untuk masing-masing tab
Dan langkah terakhir adalah Simpan.
read more “Cara Membuat Tab View”

Belajar Mengenal Off-Page SEO

setelah belajar mengenal SEO tentang aktifitas dan teknik on-page SEO,  Artikel kali ini akan belajar mengenal off-page SEO. Yaitu tentang aktivitas atau teknik SEO yang dilakukan diluar blog atau website kita. banyak hal yang bisa dilakukan dalam off-page SEO ini. Antara lain :
  1. Exchange Link atau Bertukar Link dengan blog lain. Harap diperhatikan, tukar link ini hendaknya dilakukan dalam bentuk text link, bukan dalam bentuk image atau banner, Link yang di dihitung sebagai backlink oleh Mbah Google dan search engine lainnya adalah link berbentuk text. Bukan gambar dan yang lainnya. Berikan Anchor Text yang tepat saat Bertukar link atau memberikan backlink pada artikel anda yang sudah lama.
  2. Mensubmit Blog ke Search Engine semisal Google, Yahoo dan MSN
  3. Mendaftarkan Blog ke Web atau blog directory misal DMOZ.org
  4. Mendaftarkan Blog ke Social Bookmark misal Technorati, Digg, Del.icio.us dan lain2
  5. Mendaftarkan Blog ke Social Media misal Mybloglog atau blogcatalog
  6. Memasang iklan pada blog atau web yang bertraffik tinggi dan ber PR gedhe
  7. Memasang iklan di Iklan Baris, bisa gratis ato yang berbayar
  8. Mensubmit pillar article (artikel orisinal andalan kita) ke beberapa article directory
  9. Bergabung ke beberapa forum diskusi
  10. mmm, itu dulu deh, ntar ditambahain kalo inget, :p
read more “Belajar Mengenal Off-Page SEO”

Cara Mendapat Ranking di Google

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa saya harus belajar cara untuk mendapat rangking ?. Anda tahu betapa pentingnya belajar dan mempelajari cara mendapat ranking yang tinggi di google ?.
Fakta menunjukkan bahwa, jika ranking situs atau blog anda berada di bawah 30 dari kata kunci yang hendak anda kuasai, kemungkian besar situs atau blog anda tidak banyak mendapatkan pengunjung dari google.

Belajar cara untuk berada mendapat rangking 30 keatas di google sangatlah penting, karena kebanyakan orang hanya melihat halaman pertama dari hasil pencarian google. Itulah sebabnya mengapa kita harus belajar cara mendapat rangking di google.
Berada di rangking 10 keatas di google sangatlah dibutuhkan untuk membawa lebih banyak pengunjung bagi situs atau blog kita.

Mengapa Google ?

Google merupakan search engine yang paling penting di dunia saat ini. Pada kenyataannya berada pada ranking 10 keatas di google akan membuat situs atau blog kita lebih banyak dikunjungi.
Tapi tahukah bagaimana cara untuk bisa mencapainya ? tahukah apa yang harus menjadi pusat perhatian untuk bisa berada pada top ranking ? tahukah anda faktor-faktor apa saja yang harus di perhatikan ? Mari kita coba membahasnya.
Agar kita bisa tahu apa yang harus dilakukan, pertama kita harus terlebih dahulu belajar beberapa hal mendasar:
Rank, ranking: yaitu penempatan posisi situs atau blog secara aktual tanpa harus membayar untuk bisa masuk dalam daftar index database google. Ini juga berarti kita membicarakan ranking situs tanpa menentukan kata kunci atau kata apa yang dicari.
Jika ada orang yang berkata bahwa “situs saya berada di no.1di google” maka anda dapat bertanya untuk kata kunci apa ? Ranking situs atau blog kita di google tergantung dari banyak faktor.
PageRank: Google menggunakan systemnya untuk mencari halaman situs tertentu, system ini menggunakan faktor-faktor tertentu untuk menentukan rangking dari halaman tersebut. Banyak orang yang mengartikan page’s rank (PR) adalah pada posisi berapa halaman situsnya berada di hasil pencarian google. Karena itulah kita akan belajar pagerank ini lebih dalam pada bagian lain.
Keyword: keyword atau kata kunci adalah kata yang dianggap paling tepat untuk mendefinisikan apa isi dari halaman web anda, keyword bisa di temukan di berbagai tempat di halaman situs anda. Ketika seseorang melakukan pencarian di google, google akan berusaha mencari halaman situs yang paling cocok atau paling sesuai.
Beberapa orang juga salah menyamakan keyword dengan META “keywords” tag yang sebenarnya sama sekali berbeda. Pada saat ini keberadaan META tag sudah diabaikan oleh google, karena META tag sering disalah gunakan untuk mengelabui google.
Page title: page title atau judul berada pada TITLE tags pada bagian atas halaman dan akan ditampillkan pada bagian atas (top bar) dari browser (window). Judul tidak sama dengan heading pertama (h1) dari halaman web, atau text-text yang dibuat dengan huruf yang diperbesar lainnnya. Ini penting untuk kita pahami.
Mengapa kita harus belajar dan memfokuskan diri pada google ? bukankah masih ada ratusan bahkan ribuan search engine lainnya. Betul sekali, tetapi saat ini google merupakan search engine yang paling banyak di gunakan dan boleh dibilang paling populer. Maka itulah google harus menjadi fokus perhatian anda untuk mempromosikan website anda.
Seperti yang anda lihat, tanpa diragukan lagi google merupakan search engine yang paling banyak di pakai saat ini. Google telah mengindex lebih dari 3,3 billion halaman web (termasuk PDF, Word, Excel dan beberapa type file lainnya), lebih dari 425 milyar gambar, lebih dari 800 milyar Usenet (newsgroup) messages, dan melakukan lebih dari 200 milyar pencarian setiap hari (data di ambil pada bulan september 2003).
Google juga bekerja sama dengan search engine dan directories lain seperti Yahoo, AOL, Netscape, Lycos, CompuServe, Earthlink, dan AT&T Worldnet. Ini berarti berada pada ranking #1 di google bisa juga berarti berada pada ranking #1 pada search engine lainnya, karena dalam hal ini mereka adalah partner.
Berada pada rangking #1 di google berarti juga ranking #1 di Yahoo, AOL, Netscape, Earthlink, CompuServe, Lycos (Sympatico), iWon.com, Go.com, AT&T Worldnet.
read more “Cara Mendapat Ranking di Google”

Proses Perangkingan Google

Belajar proses perangkingan google, berarti kita akan belajar faktor-faktor apa saja yang menentukan dalam proses perangkingan di google.
Google, seperti juga search engine lainnya menggunakan software yang secara otomatis membaca, menganalisa, membandingkan dan merangking halaman suatu situs.

Maka dari itu penting bagi anda untuk belajar dan mengetahui faktor apa saja yang menjadi perhatian pada proses perangkingan google, dan belajar bagaimana faktor-faktor ini saling berhubungan.
Karena ini sangat penting maka perlu diperhatikan bahwa, google menggunakan software yang secara otomatis menganalisa website anda – bukan menggunakan orang atau operator untuk melakukannya proses perangkingan.
Ini berarti bahwa element-element visual yang anda anggap penting bagi situs atau blog kita seperti: layout, warna, animasi, flash, dan gambar-gambar akan di abaikan oleh google pada saat proses perangkingan.
Google seperti orang buta yang sedang membaca huruf-huruf braile, maka dari itu element-element visual menjadi tidak tampak bagi google. Sebab itulah kita harus belajar berpikir seperti google.

Apa Itu Rangking ?

Seperti telah di bahas sebelumnya pada artikel Cara Mendapat Rangking di Google, rangking di search engine (dalam hal ini google) adalah pengurutan (index) halaman web dan penempatannya secara relatif pada hasil pencarian (yang dikenal juga sebagai SERP) untuk suatu pencarian tertentu.
Sebagai contoh : jika kitas melakukan pencarian di google dengan kata “house plan”, maka google akan menampilkannya secara berurutan (secara default 10 daftar perhalaman) yang menurut google paling relevan untuk kata house plan.
Penyortiran dilakukan dengan menilai seberapa penting dan berhubungannya (relevan) halaman web tersebut dengan kata yang di cari.
Bagi google, hubungan antara kata yang dicari dengan halaman web yang di tampilkan tergantung dari seberapa banyak kata yang dicari berada pada halaman web tersebut.
Seberapa pentingnya halaman web yang ditampilkan juga tergantung dari jumlah dan kualitas link yang merujuk kepada halaman web tersebut (biasanya dari halaman web selain dari wensite anda).
Bila situs anda tidak muncul di top 30 untuk kategori atau subject yang sangat penting bagi anda, anda mungkin harus melupakan untuk bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung dari google atau dari search engine lainnya.
Karena kebanyakan orang akan berhenti pada halaman pertama dari hasil pencarian google, karena itu anda harus berada pada peringkat 10 keatas.

Google Akan Mengunjungi Situs Anda

Pada bagian ini kita akan belajar tahap-tahap proses perangkingan. Untuk berada pada database google, pertama google akan mengunjungi situs yang akan di index dengan menggunakan software otomatis yang biasa disebut robots or spiders.
Yaitu software untuk membaca setiap halaman yang berada pada situs, biasanya dimulai dari halaman depan (index.htm) dan kemudian mengikuti link yang ada di semua halaman situs anda.
Ketika robots atau spider mengunjungi situs anda, bisa diistilahkan robots itu sedang merambah (crawl) atau menjaring (spider) situs anda. Penting: google tidak akan mengindex situs anda apabila tidak terdapat sedikitnya satu link dari halaman situs lain yang sudah berada pada database (index) nya, merujuk pada halaman web anda.
Jadi bila anda belum mempunyai link dari halaman situs lain yang sudah pernah di index oleh google, maka jangan terburu-buru untuk memasukan url anda ke google, lebih baik anda mencari situs yang mau atau bisa anda tempatkan link ke situs anda.
Dahulu google merambah (crawl) situs dengan dua cara, yaitu deep crawl (main crawl) dan fresh crawl. Deep crawl dilakukan pada saat setiap akhir bulan dan setiap halaman akan dirambah (crawled).
Fresh crawl dilakukan pada beberapa minggu sekali (untuk beberapa situs tertentu dilakukan setiap hari), tetapi hanya beberapa halaman saja yang akan dirambah. Semakin populer situs anda, maka akan semakin sering google merambah situs anda.
Situs yang mempunyai rangking yang tinggi dan isinya diupdate setiap hari akan dirambah oleh google setiap hari. Anda bisa mengetahui kapan terakhir google merambah situs anda dengan melihat tanggal yang tertera pada hasil pencarian google (baris terakhir).

Deep Crawl dan Google Dance

Deep crawl dilakukan oleh spider utama google, yang biasa disebut googlebot. Google mengupdate index utamanya sebulan sekali setelah melakukan deep crawl pada semua situs. (Google berencana untuk melakukan update secara terus-menerus tetapi update perbulan tetap akan dilakukan).
Proses ini biasanya mulai dilakukan pada saat minggu terakhir setiap bulan dan berlangsung selama seminggu. Index mengupdate isi dari halaman situs dan menyimpannya di chaced dan di database pada awal bulan.
Dengan begitu banyaknya situs yang diupdate dan di rangking maka proses perhitungan ini akan memakan waktu lebih dari satu minggu. Selama periode ini, rangking bisa berubah-ubah setiap saat, terkadang setiap menit berubah.
Proses in biasa disebut Google Dance, anda jangan merasa heran bila tiba-tiba rangking anda tiba-tiba merosot atau jatuh. Anda bisa melihat versi index yang berbeda dengan menggunakan Google Dance tool di http://www.google-dance.com.
Penting : Hal yang paling kritis yang harus anda ingat adalah untuk menjaga agar situs anda untu tetap berjalan ketika google mengunjungi. Jika situs anda sedang mengalami gangguan (down), maka listing anda di google akan lenyap sampai update berikutnya. Ini disebabkan bahwa google mengira situs anda sudah tidak ada lagi dan menghapusnya dari index.

Fresh Crawl

Fresh crawl dilakukan oleh spider google yang berbeda, yang disebut Freshbot. Fresh crawls dilakukan setiap beberapa minggu sekali (untuk beberapa situs dilakukan setiap hari), tetapi hanya beberapa halaman saja.
Freshbot mencari halaman-halaman baru dan halaman yang yang sering di update isinya. Halaman-halaman baru bisa langsung dimasukkan kedalam hasil pencarian, ini untuk memungkinkan halaman tersebut bisa langsung ditemukan oleh pengunjung.
Walaupun halaman tersebut belum termasuk kedalam index utama google. Biasanya halaman tersebut disimpan didalam index sementara baru kemudian di rangking.
Halaman baru tidak langsung dimasukkan kedalam index utama, dan kurang akurat dalam urutan rangking, halaman web yang baru akan dimasukkan ke index utama setelah deep crawl dilakukan.
Bukan hal yang mengejutkan bila rangking halaman baru tiba-tiba jatuh, itu disebabkan halaman tersebut telah di bandingkan dengan halaman dari situs lain yang berada pada index utama.
Bila anda tertarik lebih jauh untuk mengtahui kapan terakhir google mengunjungi situs anda, anda bisa mengeceknya melalui files server log situs anda, carilah user-agent “Googlebot”.
Bisa juga dengan melihat IP addressnya, tetapi metode ini kurang akurat, karena google sering menggunakan ip yang berbeda untuk robots nya.
read more “Proses Perangkingan Google”

Cara Google Merangking Situs

Setelah sebelumnya kita Belajar Proses Perangkingan Google maka tahap belajar SEO selanjutnya  kita akan Belajar Cara Google Merangking Situs. Disini kita akan belajar bagaimana cara google dalam merangking situs.
Google menggunakan algoritma tertentu untuk merangking situs yang terdiri dari lebih dari 100 macam kriteria yang berbeda dalam perhitungannya, setiap kriteria bisa berubah bobotnya setiap saat.

Karena itulah, teknik yang efektif digunakan sekarang belum tentu efektif di masa yang akan datang. Ini penting untuk diingat, bila suatu saat rangking situs kita berubah tanpa sebab yang jelas.
Optimalisasi situs tidak seharusnya dilakukan sekali saja, tetapi lakukanlah setiap saat, kita harus menguji situs, belajar lagi dan melihat hasilnya.
Catatan: Pada November 2003, google memperkenalkan perubahan algoritma utamanya yang disebut “Florida Update” yang mengubah cara google dalam merangking situs. Pada saat ini algoritma tersebut masih terus berubah, dengan beberapa effect yang kurang dimengerti dengan baik. Untuk lebih jelas anda bisa melihatnya di Florida Update.

Algoritma Perangkingan Google

Algorithma perangkingan google bisa dipecah menjadi dua grup faktor utama:
Keyword (textual) factors. Faktor Keyword, bagaimana, dimana dan kapan keyword digunakan. Yang berarti seberapa baik optimalisasi situs kita untuk keyword yang kita pilih, dan kapan keyword itu muncul pada link yang merujuk pada halaman situs anda. Faktor keyword mencerminkan tingkat relevansi halaman (page relevance).
Link (PageRank) factors. Ini termasuk juga jumlah dan kualitas dari link yang merujuk pada situs anda. Faktor link mencerminkan seberapa penting (page importance) dan seberapa kuat hubungannya dengan Google PageRank (PR).
Dengan kata lain, Google mencari halaman yang berada dalam indexnya yang berhubungan dan penting (relevant and important) pada suatu pencarian untuk kata tertentu, kemudian mengurutkannya secara menurun pada halaman hasil.

Keyword Factors dan Page Relevance

Keyword adalah kata yang di masukkan kedalam search engine untuk mencari informasi terentu. Biasanya orang memasukkan antara 2 -5 kata ke google untuk menemukan yang mereka cari. Google akan mencari apa yang mereka inginkan.
Google akan menganalisa semua halaman yang berada dalam index, dan mengurutkannya halaman yang sesuai. Setiap situs biasanya mempunyai satu atau dua keyword, ini biasa juga disebut tema “theme” dari situs tersebut (akan dibahas nanti).
Seberapa baik anda mendefinisikan tema dari situs anda, dan seberapa baik anda mengoptimalkan penggunaan keywords, akan sangat mempengaruhi rangking anda di google.
Google akan mengukur tingkat keterhubungan halaman situs berdasarkan pencarian hypertext dan menganalisis situs anda dan situs lain yang memilik link ke situs anda.
Google akan menilai text yang menjadi link (yang bisa di klik) ke situs kita, yaitu judul dari text tersebut, dan isi dari halaman yang melink kesitus kita, apakah juga terdapat keyword kita.

Link Factors (PageRank) dan Page Importance

Page importance adalah tentang links-berapa banyak, kualitasnya, kekuatannya, yang akan dibahas nanti. Ini adalah bagian dari algoritma yang biasa disebut Google PageRank (PR).
Google akan mencari links dari situs lain yang merujuk ke situs kita. Google perpendapat bahwa link dari situs A ke situs B itu menunjukkan bahwa situs B adalah situs yang penting. Dalam hal ini, situs lain memberikan suara untuk situs kita, yang juga membantu menaikkan rangking halaman (PageRank) pada situs kita.
Setiap halaman situs kita mempunyai PR (PageRank) nya sendiri. Biasanya nilai PR yang tertinggi ada pada halaman utama (home page), kebanyakan orang akan melink pada halaman utama ini, dari pada ke halaman yang lain yang berada pada situs yang kita miliki.
Semakin banyak situs yang melink ke situs yang kita miliki, maka google akan mengangap bahwa semakin penting situs anda dan akan menigkatkan rangking halaman (PR) situs anda. Akan tetapi kualitas adalah sama pentingnya dengan kuantitas, tidak semua link bernilai sama.
Perlu juga diingat bahwa PageRank hanyalah salah satu faktor yang digunakan untuk merangking. Situs yang mengoptimalkan keyword tertentu bisa menjadi lebih tinggi rangkingnya dari pada situs yang tidak mengoptimalkan keyword tetapi mempunyai PageRank yang lebih tinggi.
PageRank di tetapkan setelah membandingkan satu dengan yang lain, dari setiap halaman yang berada pada Google index. Ini berarti lebih dari 3.3 billion halaman. Catatan: PageRank ditentukan tidak berdasarkan keyword yang digunakan pada situs anda.
read more “Cara Google Merangking Situs”

5 Hal Utama Yang Di Cari Google

Google memang mencari lebih dari 100 kriteria yang berbeda (yang tingkat kepentingannya selalu berubah) untuk merangking situs, tetapi ada 5 hal pokok yang menjadi keharusan untuk di lakukan bila anda serius dalam mencapai top rangking.
Ada beberapa elemen penting lainnya yang juga akan dibahas nanti. Urutannya berdasarkan tingkat kepentingannya, ini berarti hal pertama lebih penting dari hal selanjutnya.
  1. Gunakan Keywords pada judul halaman
  2. Gunakan Keywords di heading (H1) dan di paragraph pertama pada halaman.
  3. Gunakan Keywords pada link text, dari atau ke situs anda.
  4. Nilai PageRank dari halaman situs, diukur berdasarkan jumlah link yang merujuk kehalaman situs anda dari situs lain
  5. Halaman setidaknya memiliki 200 kata yang berhubungan dengan isi dari halaman anda (makin banyak makin baik)
Untuk menempati rangking yang tinggi di Google, kita harus mengoptimalkan situs atau blog dengan cara menggunakan keywords yang menurut kita paling tepat, tempatkan link ke situs atau blog kita sebanyak mungkin, pada situs-situs yang berhubungan dengan tema dari situs kita, dan pastikan juga untuk menggunakan keywords kita pada text linknya.
read more “5 Hal Utama Yang Di Cari Google”

Belajar SEO : Mengenal SEO Organik

SEO alami, mungkin itu yang dimaksud dengan SEO organik.  SEO organik adalah topik yang akan kita bahas dalam tutorial belajar seo pada belajar ngeblog kali ini. Kalo kita coba mengartikannya secara apa adanya, organik itukan sama juga artinya dengan alamiah. Contohnya? Pupuk organik. Yang artinya, semua bahannya diambil dan dibuat secara alamiah. Nah, kalo SEO organik? Apanya yang alamiah? Mungkin saja dalam hal cara melakukannya.

Hmmm… sepertinya menarik. Dan kalo kita perhatikan, SEO organik ini sepertinya tidak sama dengan model SEO-SEO lainnya. Jika ingin menggunakan SEO non organik, kita mungkin membutuhkan banyak waktu, tenaga, pikiran, pekerjaan, bahkan biaya. Sedangkan untuk melakukan SEO organik, kita cukup melakukan apa yang kita mampu dan kita mau. Apa betul begitu?
SEO organik itu pada prinsipnya mirip dengan model-model SEO lainnya. Hanya metode yang digunakan saja yang sedikit berbeda. Bedanya? Dengan SEO organik, saat mulai mendesign website, kita mungkin tidak harus mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai teknik SEO. Kita tidak harus melakukan submitting ke berbagai tipe dan kelompok search engine.
Juga tidak harus mengeluarkan biaya untuk membayar berbagai service atau layanan yang berhubungan dengan SEO. Jadi, kita cukup melakukan hal-hal yang umum, dan menggunakan layanan-layanan gratis.
Tanpa sadar, kita telah sampai pada tahap dimana kita mendapat rangking tertentu di search engine. Padahal sebelumnya kita tidak mengetahui, atau menggunakan segala macam teknik dan strategi SEO. Nah, jika anda  merasa tertarik untuk mengaplikasikan SEO organik ini, berikut ini beberapa hal yang  ini harus kita perhatikan:

Mendapat Rangking Melalui SEO Organik

Untuk mencapai hasil melalui SEO organik itu bisa membutuhkan waktu yang lama. Terlebih jika kita melakukan tweaking pada elemen yang salah. Atau salah dalam memilih cara yang digunakan pada saat melakukan pengoptimalan.
Bukan tidak mungkin jika akhirnya kita cuma membuang-buang waktu untuk melakukan sesuatu yang salah, dan hasil yang didapat akan jauh dari yang diinginkan. Namun, jika kita tahu bagaimana cara melakukannya, SEO organik bisa juga menjadi sarana yang efektif untuk mendapatkan rangking.
Nah, untuk meminimalisasi kesalahan-kesalah itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memutuskan untuk menggunakan SEO organik ini. Langkah awalnya adalah dengan memastikan bahwa setiap elemen harus sudah di optimalkan semaksimal mungkin. Apa saja elemen itu? Berikut ini penjelasannya secara umum:

Content

Content ini masih tetap menjadi perdebatan yang sengit di kalangan praktisi SEO. Umumnya disebabkan oleh karena mereka  suka bermain-main dengan teknik-teknik yang berbahaya. Misalnya, keyword stuffing. Namun, apapun pendapat orang, content tetaplah menjadi elemen yang penting dalam SEO. Content lah yang membuat pengunjung datang. Entah karena dia sekedar ingin mencari informasi, atau ingin membeli suatu produk. Kata-kata yang terdapat pada halaman itulah, yang membuatnya datang.
Deskripsi dari suatu produk, artikel, blog entries, bahkan iklan sekalipun, semuanya akan di analisa oleh crawler dan spider. Crawler dan spider ini akan menganalisa, apakah setiap komponen atau elemen tersebut mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Untuk mendapat rangking yang tinggi, setiap elemen seharusnya mempunyai keterkaitan yang kuat antara satu dengan yang lain.
Beberapa search engine akan menolak, atau memberi rangking yang rendah, jika halaman tersebut tidaklah benar-benar unik. Terutama sejak berkembangnya dunia blogging, search engine akan mencaritahu, seberapa rutin content dari suatu blog itu diupdate. Search engine juga akan melihat apakah content tersebut hanya ada di blog itu saja, atau ada juga content yang sama persis di blog lain (serupa tapi tak beda).
Ini bukan berarti kita tidak boleh mempunyai content yang statis. Untuk kasus-kasus tertentu, search engine dapat memakluminya. Misalnya situs-situs ecommerce, yang biasanya halaman-halamannya hanya berisi deskripsi dari suatu produk. Namun begitu, search engine tetap menyukai halaman deskripsi yang sering diupdate.
Untuk mencapai hasil melalui SEO organik, sediakan waktu yang cukup untuk merencanakan content yang saling berkaitan satu sama lain. Update secara teratur. Dan optimalkan penggunaan keyword. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan. Sediakan waktu yang cukup untuk mengatur strategi dalam hal penggunaan keyword ini.
Keyword adalah bagian dari content, elemen ini membutuhkan waktu dalam hal penguasaanya. Untuk menemukan keyword yang tepat, membutuhkan ketekunan dan memerlukan teknik dan seni tersendiri. Sebagai contoh, anggaplah kita mempunyai blog yang bertema “komputer”, dengan serta merta kita berpikir bahwa keyword “komputer” adalah keyword yang tepat.
Perkiraan itu bisa saja salah. Untuk mengetahui mana keyword yang tepat, kita harus tahu dan mengerti dulu, apa yang menjadi keinginan dari audience yang menjadi target. Kata-kata apa yang mungkin akan mereka gunakan saat mencari produk yang ingin ditawarkan. Bisa jadi mereka akan menggunakan keyword: monitor, processor, memori, dan lain-lain.

Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk melacak traffik dari suatu website atau blog. Dengan Google Analytics ini kita bisa melacak dan mengetahui keyword mana yang paling sering digunakan orang untuk menemukan situs ataupun blog yang kita miliki. Google Analytics adalah tool gratis yang mempunyai berbagai fasilitas dan kemampuan yang kita butuhkan untuk menganalisa traffik. Cobalah! Gratis koq!

Link Internal dan Link External

Link adalah salah satu elemen yang sangat penting. Link itu bisa berupa link yang keluar, ataupun kedalam. Kemana link itu mengarah, dan dari mana link itu berasal, seharusnya disesuaikan dengan kontextnya.
Saat link pertama kali diperhitungkan dalam SEO, banyak yang menggunakan teknik link farm untuk mengakali search engine. Link farm maksudnya adalah halaman yang isinya cuma link doang, beberapa dari link tersebut mungkin mempunyai relevansi. Sedangkan beberapa link lainnya, tidak ada hubungannya sama sekali dengan tema atau topik dari halaman tersebut.
Tidak butuh waktu yang lama bagi search engine designer dan programmer untuk mengetahui dan mengantisipasi teknik ini. Saat ini, link yang berharga hanyalah link-link yang mempunyai relevansi dengan content. Dengan kata lain, jika link tersebut berasal atau mengacu pada halaman yang tidak relevan, maka link tersebut mungkin tidak banyak gunanya.
Keseimbangan dalam penggunaan link adalah hal yang harus diperhatikan. Terlalu banyak link maka halaman tersebut bisa dicap sebagai link farm. Tapi, terlalu sedikit link berarti kita akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nilai tambah dari suatu link. Jangan menempatkan link, kecuali link tersebut mempunyai makna bagi pengunjung.
Internal link, adalah salah satu tipe link yang juga penting. Link navigasi ini memudahkan pengunjung untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Link navigasi ini juga seharusnya dibuat senatural mungkin.
Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan, sitemap. Sitemap ini memudahkan crawler dan spider untuk mengindex semua halaman yang terdapat didalam suatu situs ataupun blog.

User Experience

Yang dimaksud disini adalah pengalaman dari pengunjung. Idealnya, situs atau blog seharusnya didesign untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi setiap pengunjung. Design situs atau blog idealnya ditujukan untuk memudahkan setiap pengunjung menemukan apapun yang mereka cari. Semakin menyenangkan pengalaman yang pernah dialami oleh seorang pengunjung, itu akan memberinya alasan untuk kembali berkunjung
Tapi apa hubungannya dengan rangking? Search engine semakin hari semakin pintar saja. Tanpa kita sadari search engine pun menganalisa setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung di halaman hasil pencariannya (SERP). Setiap klik yang diberikan oleh seorang pengunjung, bisa diibaratkan sebagai sebuah suara yang memberi dukungan pada situs yang dipilihnya tersebut.

Interactive

Bagaimana seorang user berintraksi dengan suatu situs, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap situs tersebut. Internet bukan lagi barang mati. Seorang pengunjung tidak lagi hanya ingin melihat atau membaca saja saat dia mendatangi suatu situs. Dia juga ingin berinteraksi dengan situs tersebut.
Interaksi ini bisa berupa polling, membuat komentar, mendownload file, atau bahkan sekedar bermain game yang berhubungan dengan content situs tersebut. Apapun jenis interaksinya, user pasti mengharapkannya, dan crawler akan melihatnya. Interaktivitas adalah hal yang essensial terhadap suatu situs
Tapi tentu, kita tetap bisa mendapat rangking yang tinggi walau tanpa faktor ini. Tapi itu sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat. Dan sepertinya, rangking yang didapat tidaklah setinggi rangking dari situs yang mempunyai tingkat interaktivitas yang tinggi.
Mengapa interaktivitas ini penting? Sederhana. Jika kita bisa mempengaruhi seorang user untuk berintraksi, maka kesempatan kita untuk mendapatkan goal conversion semakin besar. Goal conversion ini bisa berupa apa saja. Misalnya berlangganan newsletter, atau membeli produk yang ditawarkan.
Nah, itu tadi beberapa faktor yang  harus diperhatikan jika ingin menggunakan SEO organik. Kalo kita perhatikan, semakin hari search engine semakin menitik beratkan perhatiannya pada kepuasan user terhadap suatu situs yang dikunjunginya. Semakin banyak user yang menyukai suatu situs, semakin besar perhatian yang diberikan oleh search engine terhadap situs tersebut, betul?
read more “Belajar SEO : Mengenal SEO Organik”

Belajar SEO : Mencari Keyword Yang Tepat Dengan WordTracker

Setelah kita tahu dan belajar cara google merangking situs selanjutnya kita akan Belajar Cara Mencari Keyword Yang Tepat dengan Wordtracker. Belajar mencari keywords yang tepat adalah hal yang paling penting untuk di lakukan. Jangan mengabaikan hal ini, karena inilah pondasi utama bagi situs kita. Adalah hal yang paling kritis bagi kita untuk meneliti dan mencari keywords yang paling tepat bagi situs yang kita miliki. Sisihkan waktu untuk mencari keywords yang tepat, setelah itu baru anda akan menikmati hasilnya. Jika anda gagal pada tahap ini, maka kesempatan anda untuk mendapat top 10 rangking pun akan gagal.

Mengenal Apa itu Keywords ?

Disini kita akan belajar untuk lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan keyword. Dalam konteks, keywords adalah apa yang di masukkan oleh seseorang pada google untuk mencari suatu informasi tertentu.
Biasanya orang memasukkan antara 2 sampai 5 kata, biasa diistilahkan juga sebagai phrases atau yang biasa disebut juga search phrases, keyword phrases, query phrases, atau cuma keywords saja, semuanya mengandung arti yang sama.
Keywords yang paling penting bagi kita adalah yang terbaik dan paling relevan dalam search phrases, yang anda inginkan situs anda akan di temukan pada halaman hasil pencarian dari google pada saat seseorang menggunakan keywords atau kata tersebut dalam pencariannya.
Keyword yang baik haruslah spesifik dan jelas. Lebih baik mendapatkan 100 pengunjung dengan kualitas yang tinggi dari pada 1000 pengunjung yang mengunjungi situs anda karena terdaftar pada search phrase yang umum, yang kemudian tidak tertarik dengan apa yang akan kita tawarkan.
Misi utama kita bukan hanya mendapatkan banyak pengunjung, tetapi bagaimana meningkatkan nilai pemasaran dari produk atau layanan yang hendak kita tawarkan di situs. Menjadi ranking 1 di google tidak berarti apa-apa kecuali bisa meningkatkan angka penjualan dari produk atau layanan yang di tawarkan.
Semakin jelas, semakin spesifik, semakin unik keywords yang dipilih, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang memang sedang mencari apa yang hendak ditawarkan.
Bila mengiginkan hasil yang maksimum, maka kita harus berpikir sebagai costumers atau calon pengunjung. Pikirkan apa yang mereka butuhkan, masalah apa yang mereka hadapi, dan solusi seperti apa yang bisa anda tawarkan untuk membantu.

Belajar cara mencari keyword

Bagaimana cara memilih keywords mana yang paling tepat dan paling relevan untuk situs ? ada 2 metode utama yang bisa di gunakan
Dengan menggunakan online tool yang di sebut Word Tracker di Http://www.wordtracker.com atau yang sejenis, luangkan waktu untuk mencari keywords yang tepat.
Menganalisa statistic pengunjung situs. Lakukan ini setelah melakukan hal yang pertama, untuk menilai hasil dari metode yang pertama.
Wordtracker adalah online tool yang akan mencari variasi yang cocok dari suatu search phrases, termasuk juga sinonim dan kesalahan dalam pengejaan yang biasa dilakukan oleh orang. Juga akan memperlihatkan kepada anda berapa banyak orang yang yang menggunakan kata tersebut dalam waktu kurun waktu 60 hari dan 24 jam terakhir.
Belum ada program lain yang menawarkan informasi yang serupa. Memang ada tools lainnya, seperti Overture’s atau AdWord’s Keywords, tetapi tidak cukup akurat. Untuk alasan inilah mengapa Wordtracker dipilih oleh banyak Search Engine Optimizers (SEOs) dan Internet Marketers.
Secara rutin, kita harus belajar dan menganalisa data statistic dari kunjungan situs anda, untuk mencari keyword mana yang orang gunakan untuk mencari situs kita. Hal ini di lakukan setelah situs berjalan beberapa waktu.

Belajar Menggunakan Wordtracker

Sebelum menggunakan wordtracker, terlebih dahulu kita harus meluangkan waktu untuk membuat daftar kata-kata yang mungkin akan digunakan oleh calon pembeli untuk mencari produk, jasa atau informasi yang hendak kita tawarkan. Berpikirlah sebagai pembeli, ini penting untuk diingat.
Wordtracker menawarkan 2 macam pelayanan, yaitu free trial version dan paid (full) version. Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan yang full version. Free Trial Version hanay mengijinkan anda untuk mencari keywords apa yang dicari oleh orang di AltaVista search engine.
Wordtracker memang cukup mahal untuk digunakan, akan tetapi tidak ada cara yang lebih baik untuk mencari keywords yang paling tepat untuk situs anda.
read more “Belajar SEO : Mencari Keyword Yang Tepat Dengan WordTracker”

Belajar SEO : Dasar Dasar Search Engine

Apa itu SEO , sedikit-sedikit kita sudah mulai memahaminya. Kita sudah sedikit berkenalan dengan SEO melalui artikel sebelumnya. Dari artikel itu juga kita tahu bahwa aktivitas SEO itu baik on-page SEO maupun off-page SEO sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun. Langkah selanjutnya apa lagi?  Pada Belajar SEO kali ini kita flashback dulu untuk belajar tentang Sejarah Search Engine dan Dasar Dasar Search Engine untuk mengetahui Bagaimana cara kerjanya? Apa fungsinya? Darimana asalnya? Siapa pembuatnya? Mengapa search engine itu ada? dan sebagainya.

Sejarah Seach Engine

Pada masa-masa awal diperkenalkannya internet, saat itu search engine belum lah ada. Bahkan pada masa itu, internet tidaklah semudah, secanggih, dan se-nyaman seperti saat ini. Internet saat itu tidak lebih dari sekumpulan situs FTP (File Transfer Protocol). Saat itu, internet tidak lebih dari sekedar tempat untuk mendownload atau mengupload file.
Karena saat itu search engine belum ada, maka saat seorang user ingin mencari suatu file di internet, dia harus mencarinya sendiri. Yaitu dengan cara mengakses situs, kemudian menelusuri setiap folder yang ada di situs tersebut, kemudian melihat-lihat apakah situs tersebut menyimpan file yang di butuhkannya.
Jika ternyata file tersebut tidak ditemukan di situs yang sedang dikunjunginya, berarti dia harus mencarinya di situs yang lain, dan menelusuri setiap folder yang ada di situs lain tersebut. Dan seterusnya, hingga dia berhasil menemukan file yang dicarinya.
Nah… kebayang ga? Betapa melelahkannya, dan bisa membuat orang jadi frustasi. Hanya untuk menemukan satu file saja, seorang user harus rela menghabiskan waktu dan tenaga yang begitu banyak. Semua kendala dan kesulitan ini, akhirnya membuat seorang mahasiswa dari Universitas McGill di Montreal akhirnya memutuskan untuk mencari cara yang lebih mudah.
Dan akhirnya, pada tahun 1990, Alan Emtage nama si mahasiswa itu, berhasil membuat sebuah search tool pertama yang bisa digunakan di internet. Tool buatannya itu bekerja dengan cara mengumpulkan, dan kemudian mengindex nama setiap file yang ada di suatu situs. Data index ini kemudian disimpan kedalam sebuah database.
Berkat toolnya ini maka, saat seorang user ingin mengetahui apakah file yang dicarinya ada di dalam situs yang sedang dikunjunginya, user tersebut tidak perlu lagi mencarinya dengan cara menelusuri setiap folder atau membaca setiap nama file yang ada. Dia cukup mencarinya didalam database yang telah di buat oleh Alan Emtage tadi. Cukup dengan mengetikkan nama file yang ingin dicari, maka user tersebut akan tahu apakah file tersebut ditemukan, atau tidak.
Nah… kebayang tidak, betapa membantunya tool yang dibuat oleh Alan Emtage ini. Tool ini bernama Archie. Apakah Archie sudah sama seperti search engine yang ada saat ini? Belum, Archie masih jauh dari apa yang saat ini kita kenal sebagai search engine.
Pada tahun 1991 Mark McCahill dari University of Minesota mengemukakan pemikirannya, katanya… jika kita bisa mencari sebuah file di internet, berarti kita juga pasti bisa mencari text tertentu di internet. Dalam pemikirannya, kita bisa melakukan itu dengan cara mengindex text-text tertentu, dan menyimpan alamat file aslinya sebagai referensi.
Karena saat itu belum ada program yang mampu melakukan hal itu, maka Mark McCahill kemudian membuatnya sendiri. Dia menamakan program tersebut Gopher, yang mengindex file-file text di internet, yang kemudian akhirnya menjadi website pertama yang bisa diakses secara bebas di internet. Dengan dibuatnya Gopher ini, maka program lain pun dibutuhkan.
Program ini dibutuhkan untuk menemukan file yang direferensikan oleh index yang di buat oleh Gopher. Terciptalah Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation and Display). Dua program ini dibuat dengan tujuan untuk mencari dan menemukan file yang direferensikan oleh index yang dibuat Gopher.
Veronica dan Jughead bekerja dengan cara yang sama, yaitu membuat user bisa mencari informasi yang terdapat di dalam index berdasarkan kata kunci atau keyword. Dari kedua program inilah asal mula search engine yang saat ini kita kenal. Tentu saja setelah melewati berbagai proses pengembangan dan perbaikan
Pada tahun 1993, akhirnya the real search engine yang pertama kali berhasil dibuat, search engine dengan bentuk seperti search engine yang kita kenal saat ini. Search engine ini dikembangkan oleh Matthew Gray, dan diberinya nama Wandex. Wandex adalah program pertama yang berhasil mengerjakan dua tugas sekaligus, yaitu mengindex dan juga melakukan pencarian ke dalam index.
Teknologi ini adalah program pertama yang melakukan crawling, atau merambah internet. Dan akhirnya teknologi ini menjadi basis yang digunakan untuk membuat program-program web crawling saat ini. Dan semenjak saat itu, berbagai teknologi search engine mulai dikembangkan oleh masing-masing search engine.
Mulai tahun 1993 hingga 1998, beberapa search engine utama yang kita kenal saat ini mulai bermunculan, yaitu itu:
  • Excite – 1993
  • Yahoo! – 1994
  • Web Crawler – 1994
  • Lycos – 1994
  • Infoseek – 1995
  • AltaVista – 1995
  • Inktomi – 1996
  • Ask Jeeves – 1997
  • Google – 1997
  • MSN Search – 1998
Nah… itu tadi sejarah asal muasalnya search engine. Saat ini, search engine sudah semakin canggih. Search engine sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari dunia internet. Tidak mengherankan memang, sebab search engine memberikan banyak kemudahan bagi pengguna internet.
Dengan search engine, kita bisa mencari dokumen atau apapun yang ingin kita temukan di internet. Kaga nyangka ya, hingga saat ini search engine udah berumur lebih kurang 17 tahun. Kalo boleh di ibarat sebagai seorang cewek, search engine saat ini sedang cantik-cantiknya. Maksudnye? Kaga tahu tuh… kaga nyambung aje…

Apa Itu Search Engine?

Ada dua tim yang bekerja di search engine. Satu tim bekerja di bagian belakang, dan satu tim bekerja di bagian depan. Sekarang kita bahas tim yang bekerja di bagian belakang dulu.
Tim yang berada di bagian belakang, bertugas mengumpulkan informasi tentang suatu halaman yang ada di internet, atau biasa disebut dengan web page. Informasi yang dikumpulkan adalah:
  1. Keyword atau kata kunci.
  2. Phrase atau kalimat.
  3. URL dari halaman yang bersangkutan.
  4. Link dari halaman lain yang mengarah ke halaman tersebut (link-in).
  5. Link dari halaman itu yang mengarah ke halaman lain (link-out).
Informasi keyword atau kata kunci ini dibutuhkan untuk menentukan tentang apakah sebenarnya topik utama dari suatu web page. Begitu juga informasi yang lainnya, nanti akan kite bahas ape gunenye.
Tim yang dimaksud disini sebenarnya bukanlah berupa orang atau kumpulan orang. Melainkan berbentuk software atau perangkat lunak atau biase disebut dengan program komputer. Tim ini diberi name Crawler, atau Spider, atau Robot. Tim ini akan menyimpan semua informasi yang telah dikumpulkannya kedalam sebuah Database. Sampe disini, berarti tugas tim ntu selesei.
Sekarang kita bahas tim atau program yang bekerja di bagian depan. Tim yang bekerja di bagian depan ini bertugas melayani user atau orang yang ingin menggunakan jasa dari search engine. Tim ini melengkapi dirinya dengan sebuah perangkat yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi dengan si user tadi. Perangkat ini disebut antar muka atau interface.
Interface atau antar muka itu adalah apa yang tampak dihadapan kita saat kita mengunjungi search engine. Sebuah kotak untuk memasukkan atau mengetikkan kata/kalimat, dan sebuah tombol untuk mengeksekusi. Kotak dan tombol itulah yang dimaksud dengan interface atau antar muka. Melalui interface inilah, kita sebagai user bisa berkomunikasi dengan software yang digunakan oleh search engine tadi.
Saat seorang user memasukkan sebuah kata/kalimat kedalam kotak, kemudian mengklik tombol search, saat itulah tim yang berada dibagian depan tadi mulai bekerja. Tim ini akan mulai mencari kata/kalimat yang kita masukkan tadi. Tim yang ada dibagian depan ini, akan mencari kata/kalimat tersebut ke dalam database yang telah dibuat oleh tim yang berada di bagian belakang tadi. Database ini biasanya sudah disusun, diurutkan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
Hingga tim yang bagian depan, yang mencari kata/kalimat tersebut, akan dengan cepat bisa menemukan kata/kalimat yang kita cari. Setelah tim bagian depan tersebut mencari kata/kalimat yang kita inginkan, maka kemudian tim tersebut akan melaporkan hasilnye kepada kita.
Kalo ternyata kata/kalimat tersebut ada didalam database, maka tim tersebut akan menampilkan sebuah halaman yang berisi berbagai halaman web yang mengandung kata/kalimat yang kite cari. Halaman ini disebut dengan SERP, singkatan dari Search Engine Result Page.
read more “Belajar SEO : Dasar Dasar Search Engine”

Busby Seo Test menjelang finish

Busby Seo Test, kontes SEO kelas dunia paling hot di 2008 yang diselenggarakan Busby Web Solutions akan segera berakhir, Akhir bulan januari ini adalah batas waktu terakhir untuk para kontestan berlomba-lomba memeras otak  dan menguras tenaga serta mengerahkan seluruh  ilmu kanuragan SEO  masing-masing  untuk menempatkan website mereka di puncak halaman pencarian Google data center US dengan kata kunci atau anchor text Busby Seo Test.
Yang sangat menarik dan membanggakan, ajang adu sakti SEO kelas dunia ini untuk kesekian kalinya didominasi para kontestan dari indonesia.  Menjelang finish ini lima kontestan  asal indonesia mendominasi lima besar.  baru peringkat keenam ditempati kontestan Filipina. Klasemen sementara bisa anda lihat disini. Nah, Ayo rame2 dukung kontestan Busby asal indonesia  dengan memasang banner atau link salah satu peserta Busby Seo Test pada sidebar atau footer blog anda.
read more “Busby Seo Test menjelang finish”

Tips SEO : Optimasi Mesin Pencari dengan HTML Meta Tag

tips seo, teknik seo, html meta tag, meta title tag, meta description tagAda buanyaakkk Teknik SEO atau Tips SEO untuk meng-optimasi  blog ato website anda agar SEO friendly. Beberapa diantaranya sudah saya singgung pada artikel sebelumnya pada blog belajar ngeblog ini. Baik melalui on-page SEO ataupun off-page SEO. Salah satu teknik  SEO paling tua tapi masih juga efektif adalah dengan melakukan optimasi pada html meta tag, baik meta title tag, meta keyword tag maupun meta description tag.  Kenapa tips seo kuno yang satu ini masih juga maknyuss ?

Karena umumnya mesin crawler Search engine semisal google akan terlebih dahulu mengunjungi bagian ini di banding dengan bagian-bagian yang lain. Jadi bisa dikatakan, HTML Meta Tag ini merupakan penuntun untuk crawler ketika mereka mengakses dan kemudian mengindeks blog kita di search engine. Yuk kita bahas tips SEO yang satu ini
Teknik dan Tips SEO kali ini akan fokus pada blog berplatform blogspot, loh knapa begitu? apa wordpress ga bisa? Tentu saja bisa. Pada blog berplatform wordpress seperti blog ini, penggunaan trik ini tidak diperlukan lagi. Anda tinggal instal wordpress plugin all in one SEO pack, utek sana sini, beress.

Meta Title Tag

Yang akan kita bahas disini adalah bagaimana caranya agar title/ judul dari tiap halaman bisa muncul  pada hasil pencarian. Karena secara default,  judul yang tampil pada indeks di mesin pencari adalah judul global dari blog, bukan judul dari masing2 posting. untuk melakukan hal ini, ikuti langkah2 berikut :
1. Login ke account blogger anda,
2. Pada dashboard, pilih edit layout–> edit HTML
3. Cari kode title tag bawaan blogspot seperti dibawah ini, lebih mudah bila anda menggunakan ctrl+F
<title><data:blog.pageTitle/></title>
4. Setelah kode tag tadi ketemu, highlight (blok) lalu ganti dengan kode dibawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>
5. Klik Save Template untuk menyimpan perubahan.

Meta Description Tag

Meta Description Tag ini berfungsi memberi tahu  crawler mesin pencari tentang garis besar dari keseluruhan isi web atau blog kita.  Deskripsi yang baik adalah yang singkat, padat dan jelas, sebisa mungkin kata kunci utama diletakkan ada awal kalimat deskripsi ini. Selain itu, hindari pengulangan keyword yg berlebihan, sebaiknya deskripsi ini tidak lebih dari 160 karakter. cara memasang meta description tag sebagai berikut
1. Login ke account blogger anda,
2. Pada dashboard, pilih edit layout–> edit HTML
3. Cari kode <head>, lalu masukkan kode berikut ini dibawahnya, sebelum kode </head>, lebih mudah bila anda menggunakan ctrl+F
<meta content='disini tempat anda menuliskan deskripsi blog anda secara singkat dan jelas' name='description'/>
ganti tulisan berwarna merah diatas dengan deskripsi blog anda, lalu klik save template untuk menyimpan perubahan

Meta Keyword Tag

Meta Keyword Tag ini adalah tempat anda menaruh daftar keyword atau kata kunci yang anda tuju pada web atau blog anda, dengan tujuan agar crawler search engine menaruh perhatian lebih pada kata kunci atau keyword2 tersebut. Keyword sebaiknya terdiri dari dua kata atau lebih (keyphrase), karena orang mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian di mesin pencari umumnya lebih dari satu kata, misal kata kunci “belajar ngeblog” atau “tutorial blogspot“. cara memasang meta keyword tag ini adalah sebagai berikut.
1. Login ke account blogger anda,
2. Pada dashboard, pilih edit layout–> edit HTML
3. Cari kode <head>, lalu masukkan kode berikut ini dibawahnya, sebelum kode </head>, lebih mudah bila anda menggunakan ctrl+F
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyphrase1, keyphrase2, keyphrase3' name='keywords'/>
ganti tulisan berwarna merah diatas dengan keyword atao keyphrase yang anda bidik pada blog anda, lalu klik save template untuk menyimpan perubahan
Demikianlah tips dan teknk SEO sederhana yang sedikit banyak akan membantu menaikkan SERP web atau blog anda. semaga bermanfaat
read more “Tips SEO : Optimasi Mesin Pencari dengan HTML Meta Tag”

Belajar Ngeblog : Cara Membuat Blog di WordPress.com

cara membuat blog wordpress, cara membuat blog, membuat blog wordpressSetelah pada artikel2 belajar ngeblog sebelumnya saya banyak membuat tutorial cara membuat blog berplatform blogspot, mulai saat ini, saya juga akan membuat beberapa tutorial untuk blog berplatform wordpress.  WordPress adalah salah satu blog platform yang banyak digunakan saat ini, WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal pluggins. Mungkin ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat blog WordPress banyak disukai oleh para blogger. Apa sebenarnya perbedaan antara WordPress dan Blogspot, dimana letak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya mari kita coba membuat blog di WordPress.


Cara Membuat Blog WordPress

Untuk mulai membuat blog di WordPress pertama kita harus membuat account di WordPress. Isikanlah data-data yang diminta pada form pendaftaran. Yang perlu diingat adalah alamat Email harus valid, karena melalui alamat email inilah password kita akan diberikan. Pilihan Gimme a Blog maksudnya adalah : jika kita memilih ini maka nama user yang kita gunakan akan menjadi bagian alamat URL blog kita nantinya.
Contoh jika nama user yang dimasukkan adalah namaku maka alamat URL kita nantinya menjadi namaku.wordpress.com. Jika kita memilih Just a username, please maksudnya : kita bisa mengkonfigurasi alamat URL blog secara manual nantinya.
Penting : WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengubah alamat URL blog, sekali alamat tersebut dibuat maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Karena itu pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL ini.
Tips : carilah alamat URL blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik dari blog. Klik tombol Next >> jika sudah menetapkan pilihan.
Setelah kita mengklik tombol Next >> WordPress akan mengirimkan nama user dan password untuk login ke email yang kita inputkan sebelumnya. Bukalah email tersebut dan cari yang nama pengirimnya WordPress.com, jika belum ada email tersebut tunggu beberapa saat.
Sambil menunggu kita bisa memasukkan data diri pada form yang ditampilkan selanjutnya, klik tombol Save Profile jika sudah selesai.
Sekarang cek lagi email anda, biasanya email yang dikirim WordPress sudah sampai. Buka dan klik pada link yang diberikan untuk mengaktifkan account yang baru saja dibuat. Maka akan mucul tampilan yang berisi pemberitahuan bahwa account kita sudah diaktifkan.
Sekarang kita sudah bisa login menggunakan nama user dan password yang diberikan. Masukkan nama user dan password, klik tombol Login. Selanjutnya kita akan dibawa menuju halaman depan dari WordPress.
Untuk masuk ke Dashboard carilah menu dropdown yang bertuliskan My Account. Lalu pilih Global Dashboard. Dashboard merupakan panel utama kita untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog.
Sekarang kita bisa mulai mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan Blog melalui layar Dasboard ini. Dari sisi tampilan ternyata WordPress memang lebih menyenangkan dan nyaman untuk dilihat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai.



read more “Belajar Ngeblog : Cara Membuat Blog di WordPress.com”

Tutorial WordPress : Cara Membuat Alamat Blog di WordPress.com

Artikel Cara Membuat Alamat Blog di WordPress.com ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya, bacalah artikel sebelumnya yaitu : Cara Membuat Blog di WordPress.com agar bisa lebih mengerti maksud dari artikel lanjutan ini.
Jika anda memilih Gimme a Blog maka kamu sudah mempunyai blog, dan alamat blog tersebut sama dengan nama user yang dimasukkan pada waktu membuat blog, untuk lebih jelasnya baca artikel sebelumnya.

Jika pada waktu membuat account di WordPress kita memilih Just a username, please maka pada saat ini kita sesungguhnya belum mempunyai blog. Maksudnya disini adalah kita belum menentukan alamat nama dan alamat blog, untuk itu terlebih dahulu kita harus menentukan alamat blog.


Cara Membuat Alamat Blog di WordPress

Jika pada waktu membuat account kamu memilih Gimme a Blog maka pada saat memasuki Global Dashboard > Blog Stats anda akan melihat tampilan grafik yang kira-kira seperti ini :
ini merupakan laporan statistik perkembangan blog, kita akan membahasnya nanti. Dan anda bisa melewatkan bagian yang dibahas dibawah ini.
Namun jika pada waktu membuat kita memilih Just a username, please maka pada saat kita memasuki Global Dashboard > Blog Stats kita akan tidak akan melihat grafik seperti diatas, WordPress hanya menampilkan informasi bahwa blog kita belum dibuat, lihat gambar dibawah ini :
Sekarang jika anda sudah bisa memilih dan menentukan nama dan alamat blog, kita bisa mulai membuatnya dengan cara klik pada link Start one ?, seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan kita akan menuju form untuk membuat alamat blog, seperti gambar di bawah ini :
  • Blog Domain – ini akan menjadi alamat blog yang dibuat, Tips: carilah nama domain yang mudah di kenali dan diingat, jika bisa sertakan juga keyword.
  • Blog Title : Judul dari blog.
  • Languange : Bahasa yang akan dipakai pada blog, jika blog berbahasa Indonesia maka pilihlah Bahasa Indonesia. Hal ini a untuk mempermudah kita nantinya.
  • Privacy : apakah blog kita ingin ditampilkan pada search engine ? contreng bila iya.
Klik pada tombol Create Blog, dan blog kita sudah siap digunakan.
read more “Tutorial WordPress : Cara Membuat Alamat Blog di WordPress.com”

Belajar WordPress : Mengenal Global Dashboard WordPress.com

Setelah berhasil  membuat blog di WordPress, tutorial belajar wordpress selanjutnya  adalah belajar  mengenal Global Dashboard WordPress. Global Dashboard WordPress ini fungsinya sama dengan Dashboard di Blogspot (jika kamu sudah membuat blog di Blogspot). Apa saja yang bisa kita lakukan di Dashboard WordPress ini ? mari kita bahas.

Pada WordPress Global Dashboard ini terdapat beberapa Menu
  1. Dashboard, menu ini untuk mengatur dan memanage segala sesuatu tentang blog kita, akan dibahas tersendiri pada artikel selanjutnya di blog ini
  2. Blog Stats atau Statistik Blog, berisi tenytang statistik blog kita, misalnya asal pengunjung, jumlah pengunjung dll, Statistik ini bisa dilihat pad satuan harian, mingguan atau bulanan
  3. Blog Surfer, Berisi tentang blog2 lain milik relasi, teman atau keluarga yang memiliki blog di WordPress.com
  4. My Comments, untuk melacak komentar2 yang pernah kita buat di wordpress.com, sehingga Anda dapat melihat ketika orang me-reply komentar Anda.
  5. Tag Surfer, merupakan kumpulan dari posting2 blog di wordpress.com yang mempunyai kesamaan tema atau tags dengan blog yang anda buat
Pada artikel berikutnya akan dibahas fungsi dari masing2 menu item pada Admin Dashboard WordPress.com.
Semoga bermanfaat
read more “Belajar WordPress : Mengenal Global Dashboard WordPress.com”

Cuap-cuap


ShoutMix chat widget